Senin, 29 Mei 2017

FILM ANIMASI

1.Pengertian Animasi
        Animasi berasal dari bahasa latin yaitu Anima yang berarti memberi nyawa, hidup, jiwa dan semangat. Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Animasi merupakan salah satu grafika komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif dimana dapat ditampilkan secara berurutan dengan cepat untuk mensimulasi gerakan yang hidup. Di dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan dari komputer untuk menciptakan gerakan pada layar. Kesimpulan dari pengertian animasi yang sudah adabahwa, animasi mewujudkan suatu teknik untuk menciptakan sebuah karya audio dan visual yang berdasarkan pada pengaturan waktu dan gambar.

2.Contoh Film Animasi

DORAEMON

Doraemon-Doraemon adalah judul sebuah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio sejak tahun 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita.Pada bulan Desember 1969, manga Doraemon terbit berkesinambungan dalam 6 judul majalah bulanan anak. Majalah-majalah tersebut adalah majalah Yoiko (anak baik), Yƍchien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD), dan sejak 1973 majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Cerita yang terkandung dalam majalah-majalah itu berbeda-beda, yang berarti pengarang cerita ini harus menulis lebih dari 6 cerita setiap bulannya. Pada tahun 1979, CoroCoro Comic diluncurkan sebagai majalah Doraemon.Pembuatan animasi DORAEMON 3D menggunakan aplikasi ANIM8OR.

            Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Ia adalah sebuah robot gagal yang dilelang kepada sebuah keluarga miskin yang terlilit utang, yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon pernah menjalani masa-masa berat: Ia hanya menjadi penjaga bayi setelah gagal melewati ujian di akademi robot, kedua telinganya hancur setelah digigit robot tikus, catnya luntur akibat ulahnya sendiri, dan masih banyak kisah sedih yang ia lalui di tahun pertama kelahirannya. Sampai suatu ketika, keluarganya mengirimkan ia kembali ke masa lalu, kira-kira 250 tahun yang lalu, zaman dimana Nobita Nobi, leluhur keluarga ini, masih hidup di Tokyo.Misi Doraemon adalah untuk menolong Nobi Nobita (buyut dari Sewashi yang memiliki Doraemon). Nobita adalah seorang anak yang selalu mengalami nasib sial dan tak punya kemampuan apa-apa. Ia bodoh dalam pelajaran sekolah dan tidak bisa berolahraga, Nobita hanya berbakat dalam tembak-menembak,bermain karet, dan tidur; kemampuan yang hampir tak berguna di zaman Jepang modern. Inilah alasan mengapa ia gagal menjalani kehidupannya. Dan Doraemon dikirim dari masa depan untuk menjadikannya seorang pria yang sukses. Sangat ironis, sebuah robot gagal datang membantu seorang anak yang gagal. Tetapi pada kenyataannya, persahabatan kedua anak ini membuat mereka menjadi seseorang yang lebih baik. 

Gambar cuplikan film animasi



KAPTEN TSUBASA

Tsubasa adalah seorang anak SD yang baru saja pindah dari kota lain ke Nankatsu. Dia ingin bermain sepak bola dan menjadi pemain terbaik. Ketika masuk ke sekolah barunya, dia langsung masuk ke klub sepak bola di sekolah itu. Kapten klub itu adalah Ishizaki. Mereka lalu berlatih di lapangan, tetapi diganggu oleh klub lain yang dipimpin oleh Genzo Wakabayashi. Mereka lalu bertanding, bila Nankatsu bisa membuat gol satu saja, maka mereka diizinkan memakai lapangan untuk berlatih. Awalnya, Nankatsu selalu kebobolan dan bermain setengah lapangan. Ketika salah satu pemainnya cedera, Tsubasa didaulat menjadi bek.
Dia menjalankan tugasnya dengan baik. Ketika pertandingan hampir selesai, tanpa diduga Tsubasa berhasil mendapatkan bola dan menceploskannya ke dalam gawang. Sesuai perjanjian, Wakabayashi tidak akan mengganggu mereka lagi. Maka dimulailah petualangan Tsubasa menjadi yang terbaik di dunia.aplikasi yang digunakan yaitu Synfig Studio.

Tokoh Utama

Tsubasa Ozora
Tsubasa adalah anak seorang kapten kapal. Ayahnya selalu berlayar di lautan. Dia sangat menggemari sepak bola. Bahkan sejak masih balita, dia sudah menunjukkan ketertarikannya di bidang ini. Dia masuk ke Nankatsu dan menjadi pemain yang sangat bisa dihandalkan. Pertemuannya dengan Roberto Hongo mengubah seluruh hidupnya. Setelah remaja, dia pergi ke Brasil untuk menjadi pemain di klub Sao Paulo. Kemampuan sepak bolanya sangat hebat dan termasuk yang terbaik di dunia. Tsubasa memiliki kemampuan untuk membaca dan meniru semua teknik musuhnya.
Misaki Taro
Misaki adalah sahabat serta partner kerjasama dalam pertandingan. Misaki adalah anak dari seorang pelukis yang berpindah tempat terus. Dulu dia bermain bersama Kojiro, tetapi sekarang bermain bersama Tsubasa. Dia manis, imut, baik, penuh perasaan, dan memancarkan wajah penuh kehangatan dan keceriaan, tak pernah diduga, Misaki sebanding dengan Tsubasa. Saat remaja, dia menuju Prancis.
Genzo Wakabayashi
Wakabayashi adalah seorang kiper yang berteknik tinggi. Jika Tsubasa adalah andalan playmaker di tim Jepang, maka Wakabayashi adalah andalan belakang tim atau Kiper. Dia sangat akrab dengan Tsubasa. Kemampuannya membuatnya direkrut oleh klub Jerman dan bermain di Hamburg. Dia terkenal dengan kemampuannya untuk memblok semua tendangan dari luar kotak penalti. Dia adalah rival dari Wakashimazu yang menggunakan gaya akrobatik. Dia sempat berlatih tinju untuk memperkuat blocking-nya.
Ken Wakashimazu
Ken adalah kiper Jepang seperti Wakabayashi, tetapi akhirnya menjadi pemain di lapangan.
Kojiro Hyuga
Kojiro adalah rival Tsubasa semasa turnamen antar sekolah. Dia adalah striker andalan untuk mendobrak dan mengacak-acak pertahanan musuh. Tendangannya yang keras disebut Tiger Shot, berbeda dari Drive Shoot Tsubasa yang memanfaatkan tukikan, tendangan Hyuga menyerang gawang secara frontal. Dia sukses menjadi pesepak bola profesional dan membawa keluarganya dari kemiskinan. Dia bermain di Serie-A Italia. Belakangan, dia memiliki tendangan Raiju, yang bahkan membelah pohon besar menjadi dua.
Jun Misugi
Misugi adalah seorang pemain sepak bola yang memiliki penyakit pada jantungnya. Ia memiliki teknik yang hebat. Walau dia berpenyakit, permainannya tetap hebat. Ia adalah lawan Tsubasa ketika semi-final kejuaraan tingkat nasional semasa SD. Ia menjadi pemain tengah ketika SD-SMP, namun menjadi pemain belakang mulai pada World Youth. Pada World Youth, Misugi sudah menguasai Drive Shoot.
Hikaru Matsuyama
Matsuyama merupakan pemain gelandang tim Furano FC yang lebih fokus pada kerjasama tim. Sama seperti Misugi, dia menjadi pemain bertahan mulai kejuaaan internasional junior. Matsuyama memiliki tembakan yang merayap di tanah, yaitu Eagle Shoot
Ryo Ishizaki
Ishizaki merupakan teman pertama Tsubasa ketika Tsubasa tiba di Nankatsu. Permainannya memang tidak sehebat Tsubasa, namun dia memiliki semangat yang sangat tinggi.



.


KIKO

Kiko (Kiko: The Animated Series) adalah sebuah serial animasi anak-anak yang dirilis pada 9 Agustus 2014 di Indonesia dan disiarkan di RCTI. Serial animasi ini diproduksi oleh MNC Animation, Serial animasi ini Diadaptasi dari cergam Kisah si Kiko dari majalah anak-anak, Just for Kids sejak bulan Juli 2010. Kiko musim kedua mulai ditayangkan pada RCTI mulai 7 Februari 2016. Target penonton untuk anak usia di bawah dan di atas 9-14 tahun.Kiko mengisahkan seekor anak ikan mas koki yang sangat mandiri, walaupun ia anak tunggal. Kiko yang selalu riang memiliki empat sahabat baik yaitu Lola si ikan diskus, Ting Ting si kepiting, Patino si ikan patin dan Poli si ikan cupang. Di sisi lain, sosok antagonis, Karkus si ikan lele dan Pupus si belut, selalu membuat ricuh kehidupan Kiko. Suatu hari, danau tempat tinggal Kiko tercemar polusi atau limbah beracun akibat ulah sembrono manusia sehingga menyebabkan Kiko dan teman-teman berubah menjadi mutan.APLIKASI YANG DIGUNAKAN ADALAH Plastic Animation Paper

Karakter

Kiko (Ikan Mas Koki)
Aktif, sangat pintar, cekatan, dan selalu menjadi pemimpin di antara teman-temannya. Kiko yang cepat dalam berlari dan jago bermain sepak bola dikenal sebagai teman yang jujur dan menyenangkan. Tapi kenakalannya dan keingintahuannya kadang membawa dia dan teman-temannya jatuh ke dalam petualangan yang lucu dan menyenangkan, Kiko adalah cicit pertama dari Raja Robin Theon Parampaa serta kakak sepupu dari Ciko, Dia lahir pada tanggal 5 Januari 2008.
Lola (Ikan Diskus)
Memasak dan merawat taman bunga adalah hobi gadis sensitif ini. Memang benar, Lola mudah sekali takut, cengeng, dan cemas. Tetapi untuk masalah kebersihan dan kerapihan dia bisa menjadi tegas, berani, dan perfeksionis! Dia suka mencoba resep-resep baru dan tidak ragu untuk meminta teman-temannya merasakan masakannnya, baik itu sukses ataupun gagal, Dia lahir pada tanggal 9 November2007.
Ting-Ting (Kepiting)
Hobi bereksperimen, Lahir pada tanggal 11 April 2007.
Patino (Ikan Patin)
Ikan Patin ini adalah teman Kiko yang paling kuat dan setia. Dia suka makan, menonton gulat, dan olah raga angkat beban. Dia tidak terlalu pintar dan kurang peka. Dia tidak sadar bahwa dirinya adalah penari balet yang luwes dan hebat. Dia hanya takut kelaparan dan kehabisan kuenya Lola, Lahir pada tanggal 29 Desember 2006.
Poli (Ikan Cupang)
Dibalik sifatnya yang dingin dan terlalu jujur, sebenarnya Poli adalah seorang anak pemalu yang tidak pandai mengungkapkan perasaannya. Sportivitas dan loyalitas kepada teman-teman adalah motto Ikan Beta ini, yang menyukai kegiatan ekstrem dan pertahanan diri. Apabila sedang marah, Poli hanya bisa ditenangkan oleh lagu penghantar tidur, yang mengingatkan dia tentang kenangan masa kecil yang misterius. Jika ia merasa sedih, Poli akan berteriak: Bete!, Dia lahir pada tanggal 8 Februari 2008.
Karkus (Ikan Lele)
Hobi menangkap ikan untuk dijual, Lahir pada tanggal 31 Desember 1970.
Pupus (Ikan Belut)
Hobi menangkap ikan untuk dijual, Lahir pada tanggal 22 Oktober 1984.[2]
Buba (Buaya)
Ciko (Ikan Mas Koki)
Merupakan anak miskin yang mempunyai hobinya seperti Skateboard, Ciko adalah cicit kedua dari Raja Robin Theon Parampaa serta sepupu dari Kiko, dia lahir pada tanggal 23 November 2008.
Ayah Patino (Ikan Patin)
Merupakan ayahanda dari Patino mempunyai rambut bertanduk berwarna cokelat mirip Patino dan mempunyai kumis, Patino memanggil kepada ayahnya, "Papa". dalam episode "Dimana Patino?", Lahir pada tanggal 6 September 1969.
Raja Robin Theon Parampaa (Ikan Mas Koki)
Merupakan kakek buyut dari Kiko dan Ciko, Lahir pada tanggal 13 Juli 1923.

                           AAEAAQAAAAAAAAezAAAAJGIyNDc3OTVjLTYwZTktNDY1Mi04NzBkLTE5OWRlYThkZTA1Mg.jpg (400×229)

Sekian postingan dari saya bila ada kekurangan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Nama   : Emi Ariningsih
Kelas   : X tmm A
No.absn: 18

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games boss !!!
    CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + website : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus

Tugas Animasi Infografis

- Copyright © Informasi multimedia - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -